HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK KELAS 6 DI MI NAHDATUL ULAMA DESA WADUNG KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG

Sari, Oktavia Mutiara (2019) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK KELAS 6 DI MI NAHDATUL ULAMA DESA WADUNG KECAMATAN PAKISAJI KABUPATEN MALANG. Diploma (D3) thesis, Poltekkes RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Orang tua merupakan motivator belajar yang penting bagi anak usia sekolah dasar, sebab keluarga adalah pendidik pertama untuk anak-anak. Pemberian pola asuh yang tepat harus diikuti motivasi belajar anak yang baik. Namun kenyataanya motivasi belajar yang dimiliki oleh anak kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar pada anak kelas 6 di MI Nahdatul Ulama Kecamatan Pakisaji Malang. Desain penelitian ini menggunakan korelasi dengan pendekatan crossectional. Populasi penelitian 37 anak kelas 6 MI Nahdatul Ulama Pakisaji Malang. Metode sampling yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel 33 responden. Variabel yang diteliti adalah pola asuh orang tua dan motivasi belajar. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner. Setelah ditabulasi data yang ada dianalisis dengan menggunakan uji Kontingensi Lambda. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orang tua hampir seluruhnya kategori demokratis yaitu sebanyak 29 anak (87,9%), sebagian kecil kategori permisif yaitu sebanyak 3 anak (9,1%) dan sebagian kecil kategori otoriter yaitu sebanyak 1 anak (3,0%). Pada motivasi belajar hampir seluruh kategori cukup yaitu sebanyak 26 anak (78,8%),sebagian kecil motivasi belajar baik yaitu sebanyak 5 anak (15,2%) dan sebagian kecil motivasi belajar kurang yaitu sebanyak 2 anak (6,1%). Hasil uji statistik diperoleh tidak ada hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar dengan tingkat korelasi p = 1,000 = 0,05 (p > 0,05), r = 0,000. Dari hasil penelitian motivasi belajar anak bisa ditingkatkan melalui faktor lain seperti memilih teman pergaulan yang baik, mengurangi intensitas berteman. Kata kunci : Pola Asuh, Orang Tua, Motivasi, Belajar. ABSTRAK Parents are learning important motivator for elementary school-age children, because the family is the first educator for children. Provision of appropriate parenting should be followed motivation to learn a good boy. But the fact of learning motivation which is owned by the child is less. The purpose of this study was to determine the parents’ parenting relationship with the motivation to learn in Grade 6 in MI Nahdatul Ulama Pakisaji District of Malang. This study design using the correlation with cross sectional approach. The study population 37 Grade 6 MI Nahdatul Ulama Pakisaji Malang. The sampling method is simple random sampling with a sample of 33 respondents. The variables studied are patterns of parenting and motivation to learn. The research data was taken using a questionnaire. Once tabulated the data were analyzed using contingency test Lambda. The results showed parenting parents almost entirely democratic category as many as 29 children (87.9%), a small portion of permissive categories namely up to 3 children (9.1%) and a small portion of authoritarian category as many as one child (3.0%). In almost all categories of motivation to learn quite as many as 26 children (78.8%), motivation to learn good fraction that is 5 children (15.2%) and a fraction less motivation to learn that as many as 2 children (6.1%). Statistical test results obtained no parenting parents relationship with the motivation to learn the degree of correlation p = 1.000 = 0.05 ( p> 0.05), r = 0.000. From the result of the study child learning motivation can be improved trhough other factors such as choice of friends hang out good, reducing the intensity friends. Keywoards: Parenting, Parents, Motivation, Learning.

Item Type: Thesis (Diploma (D3))
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDKEmail
UNSPECIFIEDHastuti, Apriyani PujiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDKurniawan, Ardhiles WahyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Orang Tua, Motivasi, Belajar; Parenting, Parents, Motivation, Learning
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 15 Aug 2019 05:36
Last Modified: 25 Aug 2023 03:25
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item