Hatmayanti, Fellya Ayu (2023) TINJAUAN PROSEDUR KOMUNIKASI EFEKTIF PADA TEMPAT PENDAFTARAN IGD DI PUSKESMAS MULYOREJO MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (585kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (779kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi yang efektif adalah pertukaran informasi, ide, perasaan yang dapat menghasilkan perubahan sikap, sehingga dari proses komunikasi ini dapat terjalin sebuah hubungan yang baik antara pemberi pesan dan penerima pesan. Komunikasi merupakan kunci utama dalam membangun sebuah hubungan baik antar manusia. Oleh karena itu komunikasi yang efektif perlu diberi penekanan yang kuat di semua program perawatan kesehatan professional untuk menjamin kepuasan dan keselamatan pasien. Terutama pada instalasi yang secara umum sangat perlu diperhatikan dalam penerimaan dan perawatan pertama karena berkaitan dengan keselamatan nyawa yaitu pada Instalasi Gawat Darurat (IGD). Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif. Strategi pencarian kualitatif dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara. Observasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengamatan terhadap objek yang akan diteliti. Wawancara dilakukan untuk mengetahui untuk melengkapi data dan upaya memperoleh data yang akurat dan sumber data yang tepat. Selain itu studi dokumentasi dalam penelitian ini diperlukan untuk mempertajam analisis penelitian yang berkaitan. Hasil penelitian ini adalah pelayanan pendaftaran IGD di Puskesmas Mulyorejo sudah terlaksana dengan baik sesuai prosedur semestinya. Namun dalam pelaksanaan komunikasi kepada pasien, petugas rekam medis tidak mempunyai standar operasional prosedur (SOP) maupun pelatihan. Pelaksanaan komunikasi petugas rekam medis pada tempat pendaftaran IGD sudah efektif. Diperkuat dengan pernyataan beberapa pasien yang mayoritas mengatakan bahwa komunikasi petugas pendaftaran mudah dipahami dan dapat diterima dengan baik sesuai 5 prinsip terpenting komunikasi efektif menggunakan hukum REACH. Saran yang perlu dipertimbangkan adalah perlu dilakukan evaluasi terhadap sistem komunikasi patugas kepada pasien sehingga dapat membuat SOP dan melaksanakan pelatihan sebagai standar acuan cara berkomunikasi. Agar komunikasi berjalan dengan baik perlu dilakukan, diantaranya faktor keramaian, sehingga diperlukan sarana yang mendukungnya.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosedur, Komunikasi efektif, Tempat pendaftaran, IGD, Puskesmas |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Dysa Putri Azizah S.IP |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 00:52 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 00:52 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2626 |
Actions (login required)
View Item |