PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN SAPTORENGGO 05 KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG

Ispriantari, Aloysia and Mashitah, Musthika Wida (2016) PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN SAPTORENGGO 05 KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG. Discussion Paper. Politeknik Kesehatan RS dr. Soepraoen, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PHBS anak usia sekolah berbeda dengan pembelajaran pada orang dewasa karena anak usia sekolah masih berda pada fase operasional konkret. Anak usia sekolah lebih menyukai pebelajaran dengan kondisi yang menyenangkan dan dilakukan dalam bentuk permainan. Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah dengan metode Course Review Horay dimana dalam metode ini menggunakan metode permainan yang membuat anak lebih aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan serta mampu menyerap lebih banyak pemahaman tentang materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhmetode Course Review Horayterhadap pengetahuan, sikap dan praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak usia sekolah di SDN Saptorenggo 05 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel terdiri dari 48 responden yang diambil secara purposive sampling. Variabel yang diukur adalah adalah tingkat pengetahuan, sikap dan praktik tentang PHBS sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan PHBS melalui metode Course Review Horay. Dari data uji statistik Paired t-testdidapatkan hasil p value pada variabel tingkat pengetahuan, sikap dan praktik sebesar 0.003, 0.025, 0.040 (p<0.05) sehingga Ho ditolak. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa metode Course Review Horaymeningkatkan tingkat pengetahuan, sikap dan praktik tentang PHBS pada anak usia sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan penyuluhan PHBS dengan metode lainnya yang sesuai dengan tumbuh kembang anak usia sekolah. Kata kunci: Metode Course Review Horay, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pengetahuan, sikap, praktik.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Uncontrolled Keywords: Metode Course Review Horay, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pengetahuan, sikap, praktik
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Yacobus Sudaryono
Date Deposited: 22 May 2018 04:27
Last Modified: 24 Aug 2023 06:32
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item