Julianto, Ryan Arista Bagas (2023) LITERATURE REVIEW: TANTANGAN IMPLEMENTASI RUJUKAN BERJENJANG DI ERA DIGITALISASI DATA MEDIS. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
|
Text (BAB IV - DAFTAR PUSTAKA)
BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Rujukan berjenjang yang telah diusahakan pemerintah menjadi rujukan yang berpengaruh terhadap beban kerja perekam medis di fasyankes, contohnya saat mereka tidak paham dengan rujukan berjenjang akan memperlambat kinerja perekam medis, karena petugas akan menjelaskan setiap pasien yang datang tanpa mengetahui rujukan berjenjang tersbut, dan untuk rujukan berbasis online juga akan banyak hambatan disaat infratruktur dari fasyankes tidak seimbang dengan apa yang diusulkan pemerintah. Metode yang digunaakan adalah dengan pemilahan jurnal literature dari beberapa database yang digunakan goole scholar dengan total 10 literature berbahasa indonesia, dan menggunakan 1 literature dari sciencedirect berbahasa inggris. Menurut pembahasan seputar Sistem rujukan berjenjang di era digitalisasi data medis. Rujukan merupakan sistem pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang bertujuan untuk mengendalikan mutu dan biaya pelayanan dalam sistem JKN. Pelayanan yang diberikan oleh FKTP belum optimal karena tidak seimbangnya antara jumlah pasien yang dilayani dan petugas dan infrastruktur pelayanan kesehatan. Hal tersebut menyebabkan keluhan oleh pasien dan menyebabkan rendahnya kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan. Hasil pembahasan penelitian literatur review analisis rujukan berjenjang menunjukkan bahwa rujukan berjenjang memiliki peran yang penting dalam pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terintegrasi. Oleh karena itu, peningkatan mutu pelayanan di FKTP perlu segera diperbaiki. Pemerintah perlu meningkatkan jumlah dan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur pelayanan kesehatan di FKTP. Sosialisasi harus intensif dilakukan kepada masyarakat agar mereka memahami prosedur sistem rujukan berjenjang yang berlaku dalam JKN
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Era digitalisasi, Data medis |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:25 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:25 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/2478 |
Actions (login required)
View Item |