Supriyanto, Supriyanto (2022) GAMBARAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA SETELAH MENJALANI LATIHAN BTCLS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BLENDED LEARNING DI ITSK dr. SOEPRAOEN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (759kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (999kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (977kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (907kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (847kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sejak masuknya wabah Covid-19 di Indonesia sistem pelatihan yang digunakan dalam pelatihan BTCLS adalah blended learning. Blended learning merupakan kombinasi antara face to face learning dan online learning. Namun dalam penerapan pelatihan secara blended learning menimbulkan berbagai masalah pada diri mahasiswa salah satunya adalah timbulnya rasa malas dalam mengikuti pelatihan secara online sehingga penyerapan informasi dan materi pelatihan tidak didapat dengan baik yang berpengaruh pada hasil uji BTCLS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan kognitif mahasiswa yang menjalani latihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) dengan menggunakan blended learning di ITSK dr. Soepraoen Malang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2022 di ITSK dr. Soepraoen Malang. Desain penelitian adalah deskriptif . Populasi sebanyak 120 orang. Sampel sebanyak 60 orang. Teknik samplingmenggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan univariat. Hasil penelitian didapatkan hampir setengah peserta BTCLS memiliki kemampuan kognitif cukup sejumlah 29 orang atau 48.3%. Pada data skor pengetahuan (kemampuan kognitif). didapatkan hasil mediam 70 dengan rerata 71.33 (48-90). Pada data score tiap pertanyaan, didapatkan hasil median 72 dengan rerata 71.33 (37-100). Hal ini dipengaruhi oleh faktor umur dan jenis kelamin. Diharapkan mahasiswa lebih aktif dalam berlatih dan mengikuti pelatihan BLTCS sebagai modal sebelum terjun ke masyarakat dalam penanganan pasiet gawat darurat sesuai dengan standar operasioanl prosedur
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended learning, BTCLS, Kemampuan kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Nursing Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 03:27 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 03:27 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1469 |
Actions (login required)
View Item |