Allung, Engelina Yuliana (2022) ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENYERAHAN KLAIM BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (788kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (947kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (778kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendahuluan Dengan sistem asuransi ini masyarakat tidak perlu takut akan biaya kesehatan yang tidak terduga. Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 12 tahun 2013 tentang jaminan kesehatan, BPJS kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut sebagai komponen pendukung terlaksananya program jaminan kesehatan nasional yang dikelola oleh BPJS. Pelayanan tersebut harus disertai dengan adanya sarana penunjang yang memadai salah satunya penyelenggaraan sistem rekam medis dan Klaim BPJS Kesehatan. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data sekunder dan observasi. Data yang dikumpulkan berupa rekam medis dan dokumen casemix bulan Januari-april 2021, data klaim yang tertunda di tahun 2021 di rumah sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Berdasarkan hasil penelitian tentang Penyebab Keterlambatan Proses Klaim BPJS Rawat Inap dan Rawat Jalan di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Hasil BPJS Kelengkapan Dokumen yang Digunakan Dalam Pengajuan Klaim BPJS Masih ada Berkas yang Belum Lengkap atau Terisi Yaitu Berkas Rawat Inap Yang belum diisi Oleh DPJP , Resume Medis yang belum ditanda tangani dokter penanggungjawab, Formulir Penunjang , SEP yang belum bisa Tercetak. Ketepatan Waktu Penyerahan Klaim BPJS Rawat Jalan Pada Bulan Januari – Mei adanya Keterlambatan Pada Bulan Januari , April ,dan Mei melewati batas pengiriman klaim BPJS Rawat Jalan yang Seharusnya dikirimkan Pada Tanggal 10 Bulan Berikutnya Keterlamabatan terjadi pada Bulan Januari melampaui 6 Hari , April 10 Hari , Mei 2 Hari dan Untuk Pengiriman Klaim Rawat Inap Bulan Januari-April Semua Mengalami Keterlambatan Pengiriman yaitu pada bulan Januari Pengiriman Melampaui 6 hari , Bulan Maret 1 hari , Bulan April 10 Hari . Saran Untuk pengendalian ketidaklengkapan berkas persyaratan pengajuan klaim BPJS perlunya penetapan kebijakan mengenai pengendalian berkas pengajuan klaim BPJS berupa check list kecil yang berisi tentang persyaratan berkas BPJS yang ditempatkan pada bagian bangsal rawat inap agar berkas yang dikirimkan ke bagian pemberkasan BPJS telah lengkap untuk dilakukan pengajuan klaim BPJS.
Item Type: | Thesis ( Diploma Tiga (D3)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rekam medis, BPJS |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Medical Records And Health Information Study Program |
Depositing User: | Anastasia Dhita S.IP |
Date Deposited: | 31 May 2024 03:21 |
Last Modified: | 31 May 2024 03:21 |
URI: | http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1373 |
Actions (login required)
View Item |