GAMBARAN KINERJA PETUGAS REKAM MEDIS PADA UNIT TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN (TPP) DI RUMAH SAKIT BRAWIJAYA TK. III SURABAYA TAHUN 2021

Pratiwi, Laras Ayu Sukma (2022) GAMBARAN KINERJA PETUGAS REKAM MEDIS PADA UNIT TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN (TPP) DI RUMAH SAKIT BRAWIJAYA TK. III SURABAYA TAHUN 2021. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS. dr Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tempat pendaftaran pasien rawat jalan merupakan unit pelayanan terdepan bagi setiap rumah sakit. Pelayanan pendaftaran pasien harus mampu mencakup informasi penting mengenai data sosial pasien. Selain itu pemberi pelayanan sebaiknya berpenampilan rapi dan berkomunikasi aktif untuk mendukung pelayanan di rumah sakit. Oleh karena itu rumah sakit berusaha untuk menghasilkan kinerja sebaik mungkin sehingga dapat memuaskan pasien (Indrayani, 2010). Menurut Yu Ying Huang dan Shyh Jane Li (2010), kualitas layanan yang lebih baik untuk mendapatkan kepercayaan pasien. Dengan kata lain, rumah sakit perlu berusaha keras mendapatkan loyalitas pasien dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Mutu pelayanan kesehatan adalah menunjuk pada tingkat pelayanan dalam menimbulkan rasa puas pada diri pasien. Makin sempurna kepuasan tersebut, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan (Noviana, 2011). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian pendekatan deskriptif kualitatif yaitu untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan objektif (Notoatmodjo, 2010). Dalam penelitian ini bermaksud memberikan deskriptif atau gambaran mengenai kinerja petugas rekam medis pada unit tempat pendaftaran pasien di Rumah Sakit Brawijaya Tk.III Surabaya. Kinerja petugas rekam medis di unit tempat pendaftaran pasien berdasarkan faktor kemampuan pribadi menunjukan kinerja yang sudah sesuai dengan faktor kemampuan pribadi, akan tetapi dengan kualifikasi lulusan pendidikan belum sesuai. Kinerja Petugas Rekam Medis di tempat pendaftaran pasien Berdasarkan Prosedur Kerja yang sudah sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang tertulis. Budaya Manajemen yang Berada di Unit Rekam Medis Rumah Sakit Brawijaya Tk. III memiliki manajemen yang baik dibuktikan dengan hubungan antara unit yang baik dan saling membantu saat membutuhkan, kepala ruangan yang rutin mengecek dan mengawasi dan evaluasi yang rutin dilakukan sebulan sekali. Saran yang dipertimbangkan yaitu meningkatkan kinerja unit tempat pendaftaran pasien maka perlu memiliki personil yang berkualifikasi rekam medis, dan melakukan pelatihan bagi personil yang tidak mempunyai kualifikasi rekam medis

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Rekam medis, Kinerja petugas
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Medical Records And Health Information Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 30 May 2024 06:31
Last Modified: 30 May 2024 06:31
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item