GAMBARAN MENTAL EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN CEMOROKANDANG 4 MALANG

Choirunisa, Diska (2022) GAMBARAN MENTAL EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN CEMOROKANDANG 4 MALANG. Diploma Tiga (D3) thesis, ITSK RS. dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesehatan mental anak sangat berhubungan dengan kesehatan emosi. Anak yang sehat mental dapat mengendalikan emosinya sendiri dan mengatur ekspresi emosi dalam situasi sosialnya, sebaliknya anak yang mengalami gangguan emosi akan mengalami kesulitan dalam mengatur emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mental emosional anak usia sekolah dalam pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Cemorokandang 4 Malang. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah Semua siswa kelas 4-6 SDN Cemorokandang 4 Kota Malang sejumlah 81 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan besar sampel 81 responden. Variabel yang diteliti adalah mental emosional anak usia sekolah dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis univariat. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner SDQ (Strenghts and Difficulties Questionnaire) yang disebarkan menggunakan lembar kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 Juli 2022. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa mental emosional anak usia sekolah dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19 diperoleh hasil hampir seluruh sebanyak 80 responden (99%) mengalami gangguan mental emosional dalam kategori abnormal, dan sebagian kecil sebanyak 1 responden (1%) mengalami gangguan mental emosional dalam kategori bouderline. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi atau gambaran dalam menjaga kondisi mental emosional anak usia sekolah dasar dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SDN Cemorokandang 4 Malang.

Item Type: Thesis ( Diploma Tiga (D3))
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Sekolah, Mental Emosional, SDQ
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Nursing Study Program
Depositing User: Anastasia Dhita S.IP
Date Deposited: 27 May 2024 02:34
Last Modified: 27 May 2024 02:34
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1311

Actions (login required)

View Item View Item