PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM INFORMASI SEKOLAH PADA MTS DARUL MANJA

Faurika, Faurika and Pradini, Risqy Siwi and Rikatsih, Nindynar (2023) PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM INFORMASI SEKOLAH PADA MTS DARUL MANJA. JIKA (Jurnal Informatika) Universitas Muhammadiyah Tangerang, 7 (4). pp. 423-430. ISSN 2549-0710; E-ISSN : 2722-2713

[img]
Preview
Text
PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM_0728039301.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CEK PLAGIASI_PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi sistem informasi dibidang pendidikan semakin berkembang pesat. Namun, terdapat banyak sekolah yang belum menerapkannya untuk mengelola data akademiknya. Salah satu instansi pendidikan yang belum menerapkan teknologi informasi yaitu MTs Darul Manja. Perancangan prototipe sistem informasi pada penelitian ini untuk merancang sistem informasi sekolah yang memudahkan proses manajemen akademik sekolah. Kedepannya penelitian ini dapat dikembangkan sistem informasi sekolah utamanya MTs Darul Manja. Metode User Centered Design (UCD) diterapkan pada penelitian ini karena memfokuskan pengguna sistem sebagai end user, sehingga metode ini dinilai tepat untuk merancang prototipe sesuai dengan kebutuhan pengguna. Siklus UCD diawali dengan perencanaan siklus, spesifikasi konteks penggunaan sistem, penentuan kebutuhan, rancangan, dan evaluasi. Proses evaluasi sistem oleh pengguna dan menggunakan metode SUS guna mengetahui tingkat kegunaan sistem. Hasil pengujian SUS terhadap 5 tester diperoleh hasil 82 yang termasuk kategori excellent pada iterasi pertama, sehingga rancangan sistem informasi sekolah telah memenuhi kebutuhan pengguna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi, Prototipe, UCD, SUS
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Evi Mauludiah, S.IP.
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:45
Last Modified: 18 Jan 2024 00:59
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item View Item