LITERATURE REVIEW: FAKTOR KETERLAMBATAN KLAIM BPJS DI RUMAH SAKIT

Sari, Nadila Puspita (2023) LITERATURE REVIEW: FAKTOR KETERLAMBATAN KLAIM BPJS DI RUMAH SAKIT. Diploma (D3) thesis, ITSK RS dr. Soepraoen.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV - DAFTAR PUSTAKA)
BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaran fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit mempunyai karakteristik dan organisasi yang sangat kompleks ditambah dengan ditetapkannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam pelaksanaan jaminan kesehatan, klaim pembayaran tidak dibayarkan oleh pemerintah, tetapi diserahkan pada pihak BPJS Kesehatan. Di Indonesia terdapat banyak sekali Rumah Sakit yang mengalami keterlambatan klaim banyak kasus permasalahan perselisihan setiap bulannya, hal ini menyebabkan ditundahnya klaim dan keterlambatan pembayaran. Dampak dari keterlambatan klaim yaitu akan mepmpengaruhi mutu yang ada di rumah sakit. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor keterlambatan klaim BPJS di rumah sakit. Metode penelitian ini adalah penelitian literature review, pencarian artikel menggunakan database dengan membandingkan artikel satu dengan yang lainnya berdasarkan pada faktor 4M (Man, Method, Machine, dan Materials). Jumlah artikel yang diperoleh adalah 13 artikel yang tediri dari artikel nasional dan internasional. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlambatan klaim BPJS berdasarkan pada sumber daya manusia (Man), prosedur (Method), sarana dan prasarana (Machine), dan kelengkapan (Materials). Pada faktor sumber daya manusia (Man), terdapat kekurangan petugas dalam pengajuan klaim BPJS dan pengetahuan petugas yang kurang terkait dengan klaim BPJS. Pada faktor prosedur (Method), masih belum adanya SOP terkait dengan klaim BPJS. Pada faktor sarana dan prasarana (Machine), jaringan internet yang mengalami error, prasaran yang belum memadai, dan komputer yang sering down. Pada faktor kelengkapan (Materials), terjadi ketidaklengkapan pengisian berkas rekam medis pasien. Kesimpulan yang dapat diambil dengan upaya perbaikan yang dapat dilakukan x ialah memperbaiki jaringan secara berkala, pengajuan pembuatan SOP terkait dengan klaim BPJS, dan mengadakan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan kompetensi petugas terkait dengan klaim BPJS. Saran yang perlu dipertimbangkan oleh pihak terkait adalah mengadakan pelatihan sesuai dengan bidangnya sehingga dapat meningkatkan kualitas dan pengetahuan terkait dengan pengajuan klaim BPJS, serta membuat SOP terkait dengan pengajuan klaim BPJS sebagai acuan petugas dalam melaksanakan pengajuan klaim

Item Type: Thesis (Diploma (D3))
Uncontrolled Keywords: Faktor keterlambatan klaim, BPJS di rumah sakit.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Medical Records And Health Information Study Program
Depositing User: Evi Mauludiah, S.IP.
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:50
Last Modified: 14 Nov 2023 01:51
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item