ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUASAN PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA KESEHATAN

Koesrini, Juliati and Ilmiah, Widia Shofa (2023) ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEPUASAN PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA KESEHATAN. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN_0718048601.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CEK PLAGIASI_ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kasus covid-19 di Indonesia terjadi sejak tahun 2020 berdampak terhadap pelaksanaan pembelajaran yang harus dilakukan secara daring. Dampak pembelajaran daring terhadap kepuasan mahasiswa sangat bervariasi, dan sebagian diantaranya merasa kurang puas. Tujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi professional dosen dan fasilitas belajar terhadap kepuasan pembelajaran daring mahasiswa Kesehatan. Metode: Desain observasional dan pendekatan cross sectional, populasi yaitu seluruhnya terdiri dari mahasiswa semester genap ITSK RS dr. Soepraoen sejumlah 1.953 orang yang tersebar di 11 program studi, sampel sejumlah 563, teknik convenience sampling, pelaksanaan pengumpulan data diawali dengan membagikan formulir informed consent dan google form, analisa data regresi linear berganda. Hasil: Skor dari koefisien regresi variabel kompetensi professional dosen (X1) terhadap kepuasan belajar mahasiswa (Y) (1.327) dengan konstanta 5.699. Hasil koefisien korelasi tentang kompetensi profesional dosen serta kepuasan belajar mahasiswa (0.751), nilai p (0.000). Nilai koefisien regresi tentang fasilitas belajar (X2) terhadap kepuasan belajar (Y) (1,020) dengan konstanta 2.131 dan koef. Korelasi 0.671, nilai p (0,000). Koefisien regresi linear berganda memiliki konstanta sebesar 1.064. Nilai koefisien regresi kompetensi profesional dosen (X1) sebesar 0.974, nilai p (0.000). Kesimpulan: Ada pengaruh profesionalisme dosen yang didukung dengan fasilitas yang memadai terhadap kepuasan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Mahasiswa kesehatan, Model pembelajaran daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Midwivery Study Program
Depositing User: Evi Mauludiah, S.IP.
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:20
Last Modified: 07 Nov 2023 02:42
URI: http://repository.itsk-soepraoen.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item